Ensaymada

Maart 4, 2008

Ensaymada.....

Roti ini termasuk di daftar pencarianku (wah kaya buronan ajah seh?), katanya ini rotinya orang Filipina, katanya lagi: asal sebenernya roti ini dari Spanyol, ya bener juga yah..kan bekas jajahannya....
Pertama kali makan roti ini di bakery di daerah Kemang, di ajak sama sepupuku....katanya ada cheesenbun yang enak...,pas nyobain wah memang langsung kesengsem sama rasanya....rotinya lembut banget, gurih tapi ga blenek, dalemnya kering tapi lembut....(gimana tuh?) pokoke enak deh.....mungkin karena banyak pake kuning telur ya...jadi si roti lembut, trus roti ini pake keju parut juga, wah tambah suedaaaap deh...
Waktu itu cari resep tapi ga dapet2 sampai akhirnya memang jodoh deh...; kebetulan beli majalah sedap edisi januari 2008, weeeehhh ada resep si roti ini..langsung kubeli...sempet beberapa lama cuma berani baca resep aja...sambil ngebayangin rasanya....tapi belum ada nyali buat bikin. Naaaahhh setelah berhasil bikin roti bludernya Widya, jadi ada harapan untuk nantangin diri sendiri; hayuuuu berani gak bikin Ensaymada???? akhirnya kuputuskan hari ini untuk bikin....
Proses bikinnya memang lama, tapi hasilnya tidak mengecewakan lhoo.....buat temans yang mau coba silahkan di baca resep dibawah ini ya.....

Ensaymada
Source: Majalah Sedap edisi Januari 2008

 


Bahan I:
7 gr ragi instan
10 gr gula pasir
60 ml air

Bahan II:
80 gr kuning telur
60 gr gula pasir
150 gr tepung terigu protein tinggi
55 gr susu evaporated

Bahan III:
150 gr mentega tawar
60 gr gula pasir
1 butir telur
60 gr kuning telur
1 sdt garam
250 gr tepung protein sedang
125 gr keju cheddar parut untuk isian
2 sdm evaporated untuk olesan
15 gr mentega untuk olesan
1 sdm gula pasir untuk taburan

Cara membuat:
Bahan I:
Campur semua bahan I, aduk rata, diamkan 20 menit sampai mengembang

Bahan II:
Kocok kuning telur dan gula pasir sampai putih. Matikan mixer. Ganti kaki mixer dengan yang spiral
Tambahkan tepung terigu bergantian dengan susu evaporated dan bahan I sambil diayak dan dikocok rata. Diamkan 30 menit.

Bahan III:
Kocok mentega tawar dan gula pasir sampai lembut, masukkan telur dan garam sedikit-sedikit sambil dikocok rata. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata
Masukkan bahan II. Uleni sampai rata. Diamkan 45 menit
Kempiskan adonan dengan mixer spiral, uleni lagi sampai kalis, diamkan 30 menit.
Timbang masing2 50 gr. Bulatkan dan diamkan 10 menit. Pipihkan memanjang, isi dengan keju cheddar parut. Rapatkan. Gulung bentuk melingkar. Letakkan di loyang muffin besar yg diisi kertas cup cake atau oles dasar loyang dengan mentega.
Diamkan 90 menit atau sampai mengembang 2x. Oles dengan susu evaporated
Oven 15 menit dengan suhu 190 derajat sampai matang dan atas roti kuning keemasan.
Panas2 oles dengan mentega dan tabur dengan gula pasir.

Untuk 18 buah.

Note: kalau loyang muffinnya kecil ya beratnya disesuaikan dengan besar si loyang ya......yang difoto ini timbangannya 50 gr per roti, rupanya masih kegedean buat loyangku...mungkin beratnya harus 35 gr baru deh cakep mumbulnya...
Oh ya....tadi aku juga ga sempet nabur gula diatas rotinya berhubung udah kepengen maƩm si roti ini

 
Posted by Picasa


Oke temans silahkan mencoba ya.....

5 komentar:

Retno Prihadana said...

Ini roti kayaknya empuk-empuk lembut gitu ya Rit.

Widya Hidayat said...

Waduh mba, jadi terharu deh.... Ternyata semangat ku bikin roti kalah besar dengan semangat mba Rita yang udah sukses uji nyali sama si Ensay ini...
Laporan di NCC aja mba, biar kapok tuh yang "nyentil" aku kemaren....
Bravo dweh mba.... Dari Roti Negro - jadi - Ensay Nyempluk

Ira said...

duhh...pengin hihihih

Angela Mulianie / Lia said...

abis baca ceritanya jadi kepengen nyoba juga ah bikin si ensay. Padahal waktu baca di Sedap, begitu liat deretan bahannya dah langsung ciut aja buat nyoba.
Cuman gambaran cita rasanya kog jadi bikin kepingin ya..hehehehe
Salam roti mbak Rita. Daku add alamatnya di blog aku. Kapanan aku masukin di bookmark diinstal ulang jadi ilang. Peace...

mami ziza said...

mbak rita..salam kenal..aku juga pernah bikin si ensay...emang empuk banget...kalau di philippines..dikasih taburan gula pasir setelah keluar dari oven dioles butter terus taburi gula pasir...enak banget mbak...