Ayam Woku????

Februari 21, 2008

 


Ayam Woku ??? (masih ragu bener apa enggak ya)
Tolong dikoreksi ya, terutama yang orang Menado hehehehe
By Rita

Termasuk makan favorit dirumah...beberapa lama memang gak masak2 yang heboh2 soale daku lagi ngurangin makan (diet deh judulnya), ya abis gimana ya kalau dah makan yang model begini ini sepiring aja ga cukup...maunya nambah terus...
Terus terang aku juga kurang jelas apa bener ini Ayam Woku atau bukan, secara daku memang bukan orang Menado, orang jawa yang doyan makan pedes2, nyebrangnya jauh pulak sampai ke Menado...ada lagi yang juga jadi favoritku...masakan Batak...bumbunya lain lagi en spicy banget deh....buat aku sih enak banget...seger, pedes2 jadi ga bikin blenek. Kapan2 pasti aku posting.....ditunggu aja....

Bahan:
1 ekor ayam (potong 16)

Bumbu halus:
Cabe merah keriting 15 (kalau mau ga gitu pedes ya kurangin aja)
Bawang merah 13
Kunyit 1 ruas jari telunjuk
Jahe 1 ruas jari telunjuk
Kemiri 5 buah

Daun jeruk 7 lbr
Daun kunyit 2 lbr
Daun pandan 2 lbr
Daun bawang 2 batang
Daun kemangi 2 ikat (sesuai selera aja ya)
Tomat merah 1 buah, potong halus
Tomat hijau 5 buah, belah empat
Laos, seruas jari jempol, geprek
Serai 5 buah, geprek
Santan kental 60 ml
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menumis bumbu halus
Garam secukupnya

Cara membuat:
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam, aduk sampai ayam berubah warna dan mengeluarkan air, aduk terus sampai air ayam habis. Masukkan daun2an dan tomat merah yang sudah dipotong halus dan bumbu lainnya. Tambahkan air, kira2 sampai ayam setengah kerendam aja, jangan banyak2 ya. Masak terus dengan api sedang sampai airnya agak berkurang, masukkan santal kental, aduk-aduk hingga tercampur, masukkan tomat hijau. Masak hingga ayam matang dan terakhir masukkan daun kemangi dan daun bawang yang sudah dipotong-potong.

Cara makan??????huehehehehe ya pake sepiring nasi anget....hmmmm dijamin nambah2 deh....coba ya, en cerita lho ke aku.....
Posted by Picasa

3 komentar:

deeTha said...

hehe.. sammaa.. orang jawa yg doyan pdes. tp aku paling doyan ama masakan minang. saking doyannya sm pds,sampe ngalah2in orang yg asli minang.hehe tp kalo masakan batak blm prnh nyoba tuh. ku tunggu postingan resep bataknya yaa..

Rita said...

Iya Det, aku emang doyang pedes, jenenge wong malang nyasar..hehehehe...tar pasti ku posting deh si makanan batak...tunggu aja ya....

Merr said...

This comment has been removed because it linked to malicious content. Learn more.